Kamis, 14 Januari 2016

kaca grafir 3D



Kaca grafir 3d, adalah kaca yang dikerjakan dengan teknik ukir pada salah satu permukaan kaca (permukaan yang lain dibiarkan seperti aslinya) sesuai motif atau pola yang diinginkan. Proses pengerjaannya melalui beberapa tahapan, mulai dari sket pola, laminasi atau menutup seluruh permukaan kaca dengan isolasi atau vinil, cutting atau pembentukan pola, pengukiran dengan menggunakan teknik sandblast, dan terakhir pewarnaan.
Motif atau pola dibuat menurut selera yang diinginkan. Beberapa motif yang laku di pasaran antara lain adalah motif bunga, garis-garis, binatang, ornament, dan sebagainya. Motif bunga yang sering kali digunakan adalah bunga mawar, tulip, anggrek, lili, teratai maupun  bunga sepatu. Sedangkan untuk motif garis, biasanya didesain sebagai garis tepi kombinasi tebal dan tipis, garis melintang atau membujur ( umumnya dipadukan dengan bangunan minimalis) dengan kobinasi warna doff dan bening. Untuk motif binantang, umumnya memasukkan jenis burung, kupu, angsa, bangau, bahkan macan maupun naga. Sedangkan motif ornament, sering membuat pola dengan unsur ukiran jawa klasik, ornamen klasik ala eropa, maupun eropa abab pertengahan.
Tahap pengerjaan, melalui beberapa fase antara lain, pertama sket atau pembuatan pola  merupakan proses pembangunan konsep, ide, gagasan dan rencana akan jadi seperti apa nantinya. Kedua adalah penutupan atau isolasi pada seluruh permukaan kaca. Proses ini bertujuan untuk menutup bagian yang tidak termasuk ke dalam pola, atau melindungi bagian background atau di luar pola. Selanjutnya adalah cutting, proses ini adalah penerjemahan awal dari pola yang dimaksud. Membentuk pola dengan cara di potong sebagian demi sebagian. Tahapan berikutnya adalah pengukiran atau engraving, proses ini adalah pembentukan dimensi dengan cara mengukir dengan teknik sandblasting. Proses ini membutuhkan waktu yang relative lebih lama karena harus dilakukan detail per bagian dari cutting. Terakhir adalah proses pewarnaan. Proses ini adalah penambahan kesan lebih colourful, lebih hidup dan lebih elegan. Selanjutnya kita tinggal mengelupas semua isolasi yang masih tersisa pada permukaan kaca. Tunggu sampai cat benar-benar kering lalu kaca grafir 3d sudah siap untuk dipasang.
berikut merupakan beberapa contoh kaca grafir 3d hasil kerja kami :

grafir 3d mawar
grafir 3d mawar
kaca grafir bunga
Add caption

grafir 3d merak
grafir 3d merak
grafir 3d anggrek
grafir 3d anggrek
kaca grafir bunga
kaca grafir bunga


kaca grafir burung

kaca grafir burung


2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus